Acer DA241HL, All in One PC Anyar Acer Gunakan Sistem Operasi Android™

SHOWBAGUS.com – Jika selama ini kebanyakan All in One PC yang diproduksi pabrikan komputasi dunia biasanya menggunakan sistem operasi baru Windows 8 dari Microsoft, maka All in One PC Acer ini malah hadir dengan sesuatu yang beda. Acer DA241HL ini muncul dengan mengusung sistem operasi Android™, yang biasanya dipakai pada perangkat tablet dan smartphone.

Kemunculannya All in One PC Acer  yang bersamaan dengan peluncuran tablet Acer Iconia A3 di ajang elektronik IFA 2013 di Berlin, Jerman ini, memang sangat mengejutkan banyak orang. Sebagian menganggapnya sebagai sebuah eksperimen aneh di dunia komputasi global. Karena, tentunya penggunaan sistem operasi Android™ di layar lebar melebihi 20 inci belumlah lazim dilakukan.

Desain

Meski dianggap aneh, tapi tetap saja Acer DA241HL ini menarik perhatian para pengguna perangkat informasi dan teknologi. Apalagi, All in One PC Acer ini datang dengan layar yang cukup besar berukuran 24 inci. Layar berjenis touchscreen itu memiliki resolusi full HD 1920 x 1080 piksel.

Dengan kualitas layar sebagus itu, pastinya akan mampu memberikan kepuasan lebih bagi penggunanya untuk menikmati konten multimedia, seperti menonton video HD dan membaca ebook. Kenyamanan itu juga didukung oleh kemampuan layar dalam kemiringan 20-75 derajat, sehingga layar tetap dapat dilihat dengan baik dari sudut sulit sekalipun.

Prosesor

All in One PC Acer DA241HL ini ditenagai oleh chipset Nvidia Tegra 3, yang mengusung prosesor 4+1 core ARM Cortex-A9 dengan kecepatan 1,3GHz. Untuk memberikan tampilan gambar yang tajam saat menggunakan All in One PC Acer ini, telah tertanam pengolah grafis mumpuni dari GeForce ULP 12-core.

Fitur

Dengan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean yang digunakan oleh All in One PC Acer DA241HL ini, memungkinkan penggunanya untuk mengunduh ratusan ribu aplikasi yang ditawarkan platform besutan Google, “Google Play Store”. Pabrikan asal Taiwan ini mengklaim bahwa sekitar 700.000 aplikasi Android™ bisa berjalan pada All in One PC ini.

Tapi, memang tidak ada jaminan semua aplikasi tersebut bisa terlihat bagus, seperti saat dibuka pada perangkat tablet atau smartphone. Karena, sebagian besar aplikasi tersebut memang didesain hanya untuk layar maksimal 10 inci, bukan 24 inci. Oleh karena itu, disediakan pula port MHL pada All in One PC Acer ini agar bisa tersambung dengan perangkat tablet atau smartphone.

Selain itu, para penggunanya juga bisa menghubungkan All in One PC Acer DA241HL ini dengan PC lain melalui port HDMI dan USB yang tersedia. Dengan itu, layar All in One PC Acer ini akan bisa menampikan Windows 8 pada PC berbeda tersebut, dengan tetap memfungsikan layar sentuh yang dimilikinya. Fiturnya ini akan menjadi alternatif bagi para pengguna teknologi informasi yang tidak bisa menikmati sistem operasi Android pada layar sebesar 24 inci itu.

Sayangnya, kapasitas memori RAM yang dipakai All in One PC Acer ini sama sekali tidak diketahui informasinya. Meski begitu, dipastikan performanya tetap akan bagus, dan cukup menarik untuk dicoba.

Harga

All in One PC Acer DA241HL ini kabarnya akan dijual dengan harga 566 dolar AS atau sekitar Rp 5,8 jutaan, di pasar dunia mulai pertengahan Oktober mendatang. Namun, belum diketahui pasti kapan All in One PC Acer ini masuk Indonesia.

***

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Acer DA241HL, All in One PC Anyar Acer Gunakan Sistem Operasi Android™"