Cara memindahkan Blog WordPress ke Domain Baru

7 comments 2923 views

SHOWBAGUS.com – Apakah Anda berniat mengganti nama domain blog Anda tapi takut akan kehilangan SEO dan postingan yang sudah terindek di Google.Jangan kawatir saya akan menunjukkan cara migrasi blog tanpa harus takut kehilangan SEO dan Google indek.Harap di ingat bahwa pemindahan ini hanya pemindahan nama domain bukan pindah hosting.

Sebelum memulai pemindahan nama domain baru saya tekannkan bahwa pemindahan ini akan mempengaruhi peringkat blog Anda di mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya,Tapi ini hanya sementara dan ini adalah normal.Untuk mengurangi efek negatif dari migrasi nama domain baru ini harap ikuti step demi step tutorial ini.

Dalam panduan ini, saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki blog WordPress. Kami juga mengasumsikan bahwa Anda memiliki account web hosting, dan Anda sudah familiar dengan control panel di web hosting Anda.

1: Buat Backup Menyeluruh

Sebelum memulai, Lakukan backup menyeluruh pada web WordPress. Ada banyak plugin untuk melakukan backup menyeleruh pada file wordpress Anda. Anda dapat menggunakan VaultPress, BackupBuddy, BackWPup, atau WordPress backup to Dropbox.

2: Pindah Website WordPress Anda

Setelah Anda membuat backup di situs lama Anda, sekarang saatnya untuk memulai proses migrasi domain. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin duplikator dalam folder instalasi WordPress lama Anda. Setelah diaktifkan, plugin akan menambahkan duplikator item menu di dasboard WordPress Anda. Klik pada duplikator manu, dan Anda akan melihat layar seperti di bawah. Cukup klik pada tombol create untuk membuat paket baru.

duplicator

Setelah Mengklik tombol create maka plugin akan memulai proses duplikasi, dan plugin akan meminta Anda untuk memberikan nama duplikat file. Secara default, ia akan menggunakan nama website Anda dengan tanggal awalan, tetapi Anda dapat memberikan nama yang Anda inginkan. Plugin akan mulai membuat paket zip database WordPress Anda dan semua file Anda. Ini mungkin memakan waktu tergantung pada berapa banyak konten yang Anda miliki. Setelah proses selesai, maka Anda akan dibawa ke layar duplikator paket. Men-download kedua paket dan file installer pada komputer Anda.

Selanjutnya, Anda perlu membuka program FTP Anda dan terhubung ke website baru Anda. Pastikan bahwa direktori root, atau direktori di mana Anda ingin menyalin website Anda benar-benar kosong. Upload file installer.php dan file zip Anda ke situs baru. Setelah meng-upload file, cukup mamasukkan installer.php di web browser. Anda dapat mengaksesnya dengan masuk ke http://www.situsbaru.com/installer.php

Installer akan meminta Anda untuk memberikan informasi database untuk situs baru dan centang kotak untuk menghilangkan Table. Pastikan bahwa database yang Anda gunakan kosong, dan tidak mengandung data apapun yang akan Anda butuhkan nanti.

duplicate install

Baca Peringatan dan bagian Pemberitahuan dan centang kotak yang mengatakan Saya telah membaca peringatan dan pemberitahuan“. Selanjutnya klik pada Run Deployment” tombol. Duplikator installer script akan mengekstrak paket zip, menginstal database Anda dari situs lama, dan menginstal WordPress dengan tema dan plugin. Proses ini mungkin memakan waktu lama tergantung pada seberapa besar situs Anda. Setelah instalasi selesai, plugin akan menampilkan update halaman.

Pada halaman pembaruan, Anda akan perlu memperbarui URL Anda. Duplikator akan mencoba menerka sendiri URL lama Anda dan URL baru, tetapi Anda juga dapat memasukkan URL secara manual dan klik pada tombol Update. Plugin akan menggantikan semua  nama domain lama dengan nama domain baru.

Setelah seluruh proses selesai, plugin duplikator akan mengingatkan Anda untuk mengambil langkah-langkah setelah instalasi. Langkah pertama adalah untuk kembali menyimpan permalinks WordPress Anda. Login ke admin WordPress website baru Anda menggunakan username dan password yang sama yang Anda miliki di website yang lama. Settings —->Permalinks —-> klik pada tombol simpan.

Setelah itu hapus installer.php, installerdata.sql dan file installerlog.txt dari direktori root menggunakan FTP atau langsung ke cpanel.

Terakhir, cek website baru Anda untuk melihat link yang rusak, gambar hilang, tulisan dan halaman. Pastikan bahwa semuanya sudah bekerja dan semua fungsi dengan baik.

Sekarang Anda telah berhasil pindah ke nama domain yang baru, namun proses ini belum selesai. Anda masih harus menambahkan 301 dan memberitahukan mesin pencari untuk menyimpan semua peringkat SEO Anda.

3: Menyiapkan Permanen Redirects 301

Permanen redirect 301 sangat penting bagi SEO. Ini gunanya adalah untuk mengarahkan pengguna dan mesin pencari ke situs baru Anda. Dengan kata lain, setiap kali seseorang men-klik di salah satu posting lama Anda atau halaman, maka mereka akan secara otomatis diarahkan ke website baru Anda.

Untuk setting permanen redirect 301 , Anda harus terhubung ke situs lama Anda menggunakan FTP atau langsung dari cpanel dan mengedit file htaccess.. File ini berada di direktori yang sama seperti wp-includes atau wp-admin folder. Buka file htaccess dan paste kode berikut di bagian paling atas.:

#Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteRule ^(.*)$ http://www.newsite.COM/$1 [R=301,L]

Setelah Anda telah menerapkan perubahan ini, kemudian masuk website lama Anda. Seharusnya secara otomatis akan mengarahkan Anda ke website baru Anda. Jika tidak, maka pengalihan tersebut tidak diatur dengan benar.

4: Laporkan Perpindahan Domain ke Google

Login ke account Google Webmaster Tools untuk mengajukan perubahan alamat. Pada dasarnya meng-klik di website Anda dan lihat menu  konfigurasikiri bawah. Hal ini memungkinkan Anda untuk memberitahu Google tentang transfer website baru Anda untuk memverifikasi situs baru Anda, jadi lanjutkan untuk melakukannya.

5: Pemberitahuan kepada User

Sementara Anda melakukan setting permanen redirect 301, Anda bisa membuat pengumuman publik mengenai migrasi. Anda dapat melakukan ini dengan hanya menulis posting blog di situs baru Anda. Ini dapat membantu dalam banyak cara. Pertama dan terpenting, pengguna Anda lebih mungkin untuk mengingat domain baru setelah mereka membaca tentang hal itu. Kedua, Anda dapat meminta pengguna Anda untuk memberitahu Anda jika mereka melihat bug. Hal ini dapat sangat membantu karena Anda sendiri tidak dapat menguji situs Anda dalam semua jenis browser dan OS.

Itulah tutorial cara memindahkan domain lama ke domain baru,Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

author
Penulis: 
    1. Cara memindahkan website localhost ke live server | showbagus.com4 tahun ago

      […] website wordpress dari localhost ke hosting global host.sebelumnya Saya sudah membuat tulisan Cara memindahkan Blog WordPress ke Domain Baru.Sekarang kita langsung saja kita ke langkah […]

      Balas
    2. Cara memperbaiki masalah login wordpress | showbagus.com4 tahun ago

      […] Jika Anda ingin melakukan tutorial WordPress ini maka silakan backup wordpress Anda. Cara manual membuat backup database WordPress. […]

      Balas
    3. author

      Fadhly2 tahun ago

      Thanks atas penjelasannya.

      Balas
    4. author

      vietnam-blogger2 tahun ago

      susah juga ya ternyata, ingin pindah dg nama yg lebih pendek dan pakai .id
      Buka jasa pindah domain g mas? utk mengerjakan semua hal diatas dr awal hingga selesai.
      lalu domain lama gimana, apakah harus disediakan hosting juga? atau sekedar cukup perpanjang domain utk yg lama

      Balas
      • author
        Penulis

        Sran2 tahun ago

        Terima kasih sebelumnya telah mengunjungi blog saya.
        Pada dasarnya ada 2 cara untuk melakukan pergantian nama domain. yang pertama seperti tutorial ini, dan yang kedua dengan cara redirect domain yang lama ke domain yang baru.

        Mengenai jasa mengganti nama domain saya tidak membuka jasa ganti nama domain, tapi saya bisa bantu untuk melakuknnya.
        Untuk hosting tetap bisa di gunakan hosting yang lama asalkan hosting masih aktif.

        Untuk konsultasi selanjutnya silahkan hubungi saya melalui form Hubungi saya.

        Balas
    5. author

      cloud computing indonesia1 tahun ago

      wah lengkap banget tutorialnya, tambahan gambar lebih mantap “)

      Balas
    6. author

      cloud computing indonesia1 tahun ago

      Terima kasih infonya.Sangat bermanfaat 🙂

      Balas

    Tinggalkan pesan "Cara memindahkan Blog WordPress ke Domain Baru"