Cara memindahkan website localhost ke live server

15 comments 3570 views

SHOWBAGUS.com – Selamat pagi,siang dan malam kepada pembaca setia showbagus.com, kali ini Saya ingin membagikan tutorial cara memindahkan website wordpress dari localhost ke hosting global host.

Sebelumnya Saya sudah membuat tulisan Cara memindahkan Blog WordPress ke Domain Baru.Sekarang kita langsung saja kita ke langkah pertama.

Migrasi localhost ke live server

Agar Anda bisa bermigrasi dari localhost WordPress ke server hosting, Anda harus memiliki dua hal. Pertama adalah server lokal. Saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki website WordPress di server localhost komputer Anda, dan Anda memiliki akses penuh. Selanjutnya, Anda harus telah memiliki web hosting yang mendukung WordPress, sehingga Anda dapat bermigrasi.

Software untuk membantu migrasi ini adalah FTP dan sudah tahu cara menggunakan FTP, sehingga Anda dapat meng-upload konten Anda ke hosting website Anda.

Catatan: screenshot digunakan dalam artikel ini adalah dari WordPress penyedia hosting yang memiliki cPanel.

export filePilih Metode Ekspor, untuk mem-backup database Anda. Pilih semua tabel untuk ekspor dan pilih jenis file kompresi gzip. Gulir ke bagian bawah halaman dan tekan tombol Go untuk mendownload database Anda.

Upload File WordPress ke Hosting

Sekarang buka klien FTP yang terhubung ke hosting. Setelah Anda tersambung ke hosting Anda, pastikan Anda meng-upload file dalam direktori yang tepat. Sebagai contoh jika Anda ingin website menjadi host pada websitekamu.com, maka Anda harus meng-upload semua file dalam direktori public_html Anda.

Sekarang pilih file WordPress localhost Anda dan upload ke hosting.

Membuat Database MySQL

Sambil menunggu FTP Anda meng-upload file WordPress, Anda dapat melakukan pekerjaan mengimpor database Anda ke hosting. Kebanyakan penyedia hosting WordPress menawarkan cPanel untuk mengelola account hosting Anda, Saya akan menunjukkan cara untuk membuat database menggunakan cPanel. Login ke dashboard cPanel dan klik pada ikon database MySQL yang dapat ditemukan di bagian database.

database msql

Selanjutnya masukkan nama database website Anda.

buat database baru

Setelah membuat database, gulir ke bawah bagian User MySQL dan buat atau tambah User ke database. Setelah menambahkan User, cPanel akan membawa Anda untuk mengatur hak User di MySQL. Cukup memberikan semua hak istimewa kepada User.

Mengimpor database WordPress

Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah mengimpor database WordPress. Masuk ke dashboard cPanel Anda, gulir ke bawah ke bagian database dan klik phpMyAdmin. Di phpmyadmin Anda akan melihat nama database yang tadi di buat. phpMyAdmin akan menampilkan database baru Anda tanpa tabel. Klik pada tab Import di menu atas. Pada halaman impor, klik pada tombol pilih file dan kemudian pilih file database gzip Anda yang simpan di langkah pertama. Terakhir, tekan tombol Go di bagian bawah halaman. phpMyAdmin sekarang akan mengimpor database WordPress.

Mengubah URL Website Anda

Sekarang saatnya mengganti URL website, sehingga website Anda bisa di akses di global host. Dalam phpMyAdmin, cari tabel wp_options dalam database Anda yang baru saja diimpor dalam langkah 4. Jika Anda mengubah awalan database Anda, maka bukan wp_options mungkin {prefix} _options.

Klik pada tombol browse di sebelah wp_options atau link yang Anda lihat di sidebar untuk membuka halaman dengan daftar bidang dalam tabel wp_options. Lihat gambar di bawah:

wp options

Di bawah Field options_name , cari siteurl. Klik ikon Edit Bidang yang dapat ditemukan di ujung kiri pada awal baris.

ganti url

Ketika Anda mengklik bidang edit, jendela edit field akan muncul. Di kotak input untuk option_value’, Anda akan melihat URL dari instalasi localhost Anda seperti: http://localhost/test. Hati-hati memasukkan url baru Anda di bidang ini, misalnya: http://www.showbagus.com

Simpan field dengan mengklik tombol Go.

Selanjutnya, Anda perlu meniru langkah ini untuk nama pilihan: home. Page wp_options terdapat beberapa halaman yang panjang, sehingga hanya menemukan tab home. Biasanya pada halaman kedua yang dapat Anda navigasi ke dengan mengklik panah pagination di phpMyAdmin.

Update url home agar menjadi sama dengan siteurl Anda.

Menyiapkan Website

Setelah Anda mengimpor database, dan semua konten telah di-upload, sekarang saatnya untuk mengkonfigurasi WordPress. Pada saat ini, situs Anda menunjukkan Kesalahan dalam membuat kesalahan koneksi ke database. Untuk memperbaiki hal ini, hubungkan ke situs Web Anda menggunakan klien FTP dan mengedit file wpconfig.php. Ubah nama database, user dan password yang Anda buat sebelumnya pada Langkah 3. Simpan file wp-config.php dan upload kembali ke server Anda. Kunjungi website Anda, dan harusnya tidak ada masalah lagi.

Login ke panel admin WordPress Anda, dan masuk ke Settings> General. Klik save Options. Ini untuk memastikan bahwa url website Anda telah diperbaiki.

Kemudian masuk ke Pengaturan »Permalink dan klik Save untuk memastikan bahwa semua link posting bekerja dengan baik.

Memperbaiki Gambar dan link yang rusak

Setiap kali Anda pindah dari satu domain ke domain lain, atau dari server lokal ke server global, Anda akan menghadapi link yang rusak dan masalah gambar hilang. Anda bisa menggunakan query SQL atau menggunakan plugin Velvet Blues.

Kalaw Anda ingin memperbaikinya melalui SQL, di sini ada query SQL sederhana yang bisa memecahkan masalah ini:

UPDATE wp_posts SET post_content = REPLACE(post_content, ‘localhost/test/’, ‘www.yourlivesite.com’);

Caranya,masuk ke phpMyAdmin, klik pada database Anda dan kemudian klik pada SQL dari menu atas. Menulis pertanyaan ini tapi jangan lupa untuk mengubahnya dengan loclhost Anda sendiri dan URL website Anda.

sql database

Itu saja, mudah-mudahan website Anda bisa berjalan sekarang. Logout dari website Anda untuk memastikan bahwa setiap hal bekerja dengan baik seperti yang diharapkan.Jika Ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar.

author
Penulis: 
    1. author

      dani4 tahun ago

      Dear Team Bagus,
      mohon bantuan untuk langkah-demi langkah cara memindahkah website yg kita buat dari server localhost untuk dipindahkan ke server lain contoh server dalam kantor. Terima kasih.

      mohon untuk diinfo lewat email saya.

      salam,
      Dani

      Balas
      • author
        Penulis

        Asran4 tahun ago

        Kalau boleh tau dari tutorial ini di bagian mana yang kurang di mengerti,karena di tutorial ini langkah demi langkah sudah di jelaskan dari awal sampai website bisa online.

        Balas
    2. author

      dani4 tahun ago

      dear team bagus,
      sebagai tambahan saya menggunakan apache2triad dan dreamweaver. Terima kasih.

      Balas
      • author
        Penulis

        Asran4 tahun ago

        Apache2triad tidak ada masalah,karena database di global host hampir semua hosting sama dan script editor tergantung dari apa yang di kuasai.

        Balas
    3. author

      IFUR4 tahun ago

      terimakasih mas bro.,., sukses buat anda . . .

      Balas
      • author
        Penulis

        Asran4 tahun ago

        Sam-sama bro…sukses juga buat bro..

        Balas
    4. author

      Herlan Lesmana4 tahun ago

      Terimakasih gan..artikel ini yang kami cari…sangat bermanfaat sekali

      Balas
    5. author

      buka aura3 tahun ago

      Dari tadi kutak-kutik ga bisa-bisa….akhirnya ketemu juga tutorialnya………… thanks

      Balas
    6. author

      masry3 tahun ago

      mas saya mau tanya, setelah upload ke hostinger online, trus cara ngedit tampilan/posting artikel baru gimana ya?

      Balas
    7. author
      Penulis

      Sran3 tahun ago

      masry@ edit atau posting seperti biasa aja, masuk ke post –> pilih postingan yang mau di edit atau pilih addnew untuk postingan baru.

      Balas
    8. author

      sugeng2 tahun ago

      kenapa ya, saya sudah ikuti semua tutorialnya. tapi waktu saya mau akses websitenya ada proses installasi lagi? padahal sudah saya ganti semua konfigurasi sesuai tutorial.

      Balas
    9. author

      menx2 tahun ago

      mas saya mau tanya klo cara setting, di localhost agar web di local tsb tidak di direct ke web asli nya saat di buka di browser, sya mau rubah2 tampilan nya ..

      Balas
      • author
        Penulis

        Sran2 tahun ago

        Coba ikuti langkah mengubah URL Website. Ganti dari domainkamu.com menjadi localhost/nama-folder

        Balas
    10. author

      Pemrograman web2 tahun ago

      Masih bingung gan.. Wp nya dah di install pake auto installer, jd tidak upload manual.. trus sql nya dah di import jg.. wp_options jga dah di ganti, tapi pas url dibuka masih ngarah ke localhost…

      Balas
      • author
        Penulis

        Sran2 tahun ago

        Kemungkina url di htaccess belum di rubah, coba cek dulu gan.

        Balas

    Tinggalkan pesan "Cara memindahkan website localhost ke live server"