Cara mengkalibrasi baterai smartphone Android

2 comments 5030 views

Masalah baterai adalah salah satu kekhawatiran terbesar bagi pengguna smartphone android .  Setelah melihat kinerja baterai dan durasi telah menurun, bisa jadi ini adalah waktunya untuk mempertimbangkan melakukan kalibrasi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara rinci apa yang di maksud dengan kalibrasi baterai Android dan bagaimana melakukannya!

Jika Anda telah melihat bahwa kinerja baterai terus menurun , maka saatnya untuk mencoba untuk mengkalibrasi baterai . Salah satu tanda yang paling jelas bahwa sudah waktunya adalah ketika baterai ponsel habis dengan cepat . Sebelum melakukan kalibrasi ada baiknya baca tips untuk memperpanjang umur baterai smartphone.

Cara mengkalibrasi baterai pada perangkat Android

Pengguna yang mengalami masalah ini mungkin berpikir baterai ponsel yang rusak .  Mungkin saja ini menjadi salah satu penyebabnya , tapi sebelum mengganti dengan yang baru , saya menyarankan untuk mencoba mengkalibrasi baterai dengan benar .

Tujuan mengkalibrasi smartphone ?

Sistem operasi Android memiliki pengaturan yang disebut Statistik Baterai yang menunjukkan kapasitas baterai , ketika penuh atau kosong . Masalahnya adalah bahwa kadang-kadang data yang di tampilkan tidak sesuai , Dengan melakukan proses kalibrasi baterai , akan memperbaiki data yang tidak sesuai tersebut .

Cara mengkalibrasi baterai perangkat Android tanpa akses root

Pertama, Periksa kapasitas baterai , yang dapat di lihat pada fisik baterai atau dengan mencari spesifikasinya di internet . Periksa pada bagian hardware perangkat Anda .

Instal aplikasi bernama Current Widget : Baterai Monitor dari Google Play Store di sini

Aplikasi ini akan menunjukkan daya baterai dalam milliamps (mAh). Cas smartphone Anda selama waktu yang diperlukan sampai mencapai jumlah total milliampere yang di perlukan baterai.

Bila jumlah yang diperlukan tercapai, matikan telepon dan restart. Baterai sekarang akan terisi 100% dan secara teori seharusnya tidak menimbulkan masalah lagi.

Cara kedua adalah bila telepon tidak hidup, hubungkan ke charger dan biarkan baterai diisi sampai 100% lagi. Lampu LED hijau akan menunjukkan bila telah di cas.

Selanjutnya cabut charger, nyalakan ponsel kemudian atur opsi agar layar tidak mati( hanya jika opsi ini ada ). Kemudian colokkan kembali ke charger dan tunggu sampai terisi 100%.

Setelah mencapai 100% cabut charger dan biarkan sampai smartphone mati sendiri . Setelah daya baterai 0%. Setelah smartphone mati isi penuh lagi dan pastikan smartphone telah di cas dengan benar.

Cara mengkalibrasi baterai perangkat Android dengan akses root

Pertama, instal aplikasi Battery Calibration: Di sini

Untuk memulai , hubungkan perangkat untuk mengisi sampai baterai mencapai 100 % .

Kemudian buka aplikasi Battery Calibration dan periksa jumlah ‘ mV ‘ di sebelah persentase , angkanya akan terus meningkat . Jika angkanya terus bertambah bahkan jika baterai sudah mencapai 100 % , biarkan baterai telepon terus terisi.

Ketika angkanya telah berhenti naik dan baterai terisi 100 % , tekan tombol Kalibrasi baterai dan kemudian restart perangkat. Tingkat saat ini yang akan dicatat sebagai titik kapasitas maksimum dan informasi lama akan dihapus dan di ganti dengan data Statistik Battery yang baru .

Jika metode ini tidak berhasil, coba cara ke 2

Masuk ke mode recovery pada Android dan arahkan ke bagian Advanced dan pilih “wipe battery stats ” . Ini akan menghapus setiap kalibrasi yang sebelumnya telah dibuat baik oleh pengguna atau ketika telah diinstal ROM .

Kedua , Anda harus sepenuhnya menguras baterai dan kemudian menghubungkan ponsel ke charger . Hal ini harus dilakukan tanpa gangguan dan perangkat dalam keadaaan mati .

Ketika beban mencapai 100 % , hidupkan lagi tanpa memutuskan hubungan dari charger dan buka aplikasi Battery Calibration . Klik pada tombol tengah , pop up akan muncul yang akan meminta izin SuperUser . Tunggu beberapa saat akan muncul pesan yang mengatakan ‘ kalibrasi berhasil ” . Tekan OK , lepaskan perangkat dari charger dan tutup aplikasi.

Itu saja. silahkan coba salah satu cara untuk mengkalibrasi baterai ? Jika ada cara alternatif lain untuk memperbaiki masalah baterai , silahkan beri komentar.

author
Penulis: 
    1. author

      wahyu2 tahun ago

      gimane caranya biar batere bisa habis sampai 0% soalnya baterai ane biarpun mati sendiri tetap masih 10%

      Balas
    2. author

      karwek2 tahun ago

      Gan kalo di sistem advance y ga ada wife baterai stat y gimana

      Balas

    Tinggalkan pesan "Cara mengkalibrasi baterai smartphone Android"