Cara Setting CloudFlare CDN Gratis di WordPress

8 comments 1873 views

Kecepatan website adalah elemen penting dalam menentukan peringkat di mesin pencari. Website yang lambat menyebabkan pengunjung enggan untuk menunggu. Jika Anda ingin website Anda memiliki kecepatan yang baik, Jawabannya sederhana, Menggunakan W3 Total Cache dan MaxCDN. Pada artikel ini, Saya akan menunjukkan cara Setting CloudFlare CDN GRATIS di WordPress.

CloudFlare

CloudFlare pada dasarnya adalah sebuah Web Application Firewall, proxy server terdistribusi, dan jaringan pengiriman konten (CDN). CDN akan mengoptimalkan website Anda sebagai proxy antara pengunjung dan server Anda yang membantu melindungi situs Anda terhadap serangan DDoS.

Claudflare menawarkan akun gratis yang cocok untuk website kecil dan blog.Tapi juga menawarkan akun berbayar mulai dari $ 20 per bulan.

Perbedaan Antara MaxCDN dan CloudFlare

MaxCDN dan Cloud Flare adalah dua layanan berbeda, MaxCDN fokus pada layanan konten melalui CDN mereka , CloudFlare lebih fokus pada keamanan dan kontrol spam.Keduaya menggunakan teknologi yang berbeda untuk melayani konten melalui jaringan mereka . MaxCDN menyajikan konten dari DNS menggunakan pullzones. Cloud Flare menyajikan konten melalui DNS mereka sendiri , dan Anda akan diminta untuk mengubah DNS website Anda untuk menunjuk ke server mereka .

Cloud Flare bertindak sebagai proxy antara website Anda dan pengunjung website Anda yang berarti Anda menyerah banyak kontrol , sementara MaxCDN bertindak sebagai reverse proxy yang berarti Anda memiliki semua kontrol .

Cloud Flare lebih baik mengoptimalkan kecepatan halaman Anda dengan mencegah situs Anda dari bot berbahaya , penyerangan , dan crawler mencurigakan . MaxCDN lebih baik untuk meningkatkan kecepatan website dengan melayani konten statis Anda melalui server mereka yang berada di seluruh dunia .

Cara Setting CloudFlare CDN Gratis di WordPress

Sebelum Anda menerapkan Cloud Flare untuk meningkatkan kecepatan website Anda pastikan bahwa bukan web host Anda yang lambat. Jika Anda akan menggunakan Cloud Flare , maka saya merekomendasikan BlueHost . Bluehost adalah salah satu mitra resmi CloudFlare.

Untuk setup CloudFlare , pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar sebuah account . Kunjungi situs Cloud Flare dan klik Signup .

signup claudflare

Masukkan informasi yang diperlukan, dan kemudian klik pada ‘create account now’. Pada langkah berikutnya, masukkan url website Anda.

Tunggu sampai cloudflare memindai website Anda, kurang lebih sekitar 1 menit.

Setelah selesai melakukan scan, Cloud Flare akan menampilkan daftar semua DNS yang di temukan di hosting Anda termasuk subdomain. Data DNS yang akan dilewati CloudFlare akan memiliki ikon awan oranye. Sedangkan DNS yang akan memotong Cloud Flare akan memiliki ikon awan abu-abu. Pastikan bahwa domain utama Anda, aktif di CloudFlare dengan ikon awan oranye.

CloudFlare juga akan menambah FTP dan SSH subdomain untuk Anda. Jika Anda menggunakan nama domain Anda untuk menghubungkan ke FTP atau SSH, maka mulai sekarang Anda akan menggunakan ftp.domainanda.com untuk FTP, dan ssh.domainanda.com untuk SSH. Sedangkan Subdomain baru tidak akan melewati Cloud Flare.

Setelah selesai dengan pengaturan DNS, Anda perlu untuk mengklik pada ‘I’ve added all missing records, continue’ untuk melanjutkan setup.

Pada layar berikutnya , Anda akan diminta untuk memilih jenis layanan , ikuti saja sesuai dengan gambar di atas .Pada langkah berikutnya dan final setup , Cloud Flare akan meminta Anda untuk mengupdate nameserver Anda . Anda akan diminta untuk mengubah server nama Anda dan mengarahkannya ke nameserver CloudFlare

Mengubah Nama Server ke CloundFlare

Perhatikan : Mengubah nama server dapat memakan waktu untuk menyebarkannya keseluruh server . Ada kemungkinan bahwa selama itu website Anda mungkin tidak dapat diakses untuk beberapa pengunjung .

Untuk mengubah nama server untuk domain Anda dan mengarahkan server Cloud Flare , Anda harus login ke account hosting Anda . Karena kebanyakan web host menyediakan cPanel untuk mengelola account hosting, Namun, jika web host Anda tidak memiliki cPanel , maka Anda harus meminta mereka untuk membantu menyetingnya.

Setelah Anda login ke dashboard cPanel Anda , gulir ke bawah ke bagian Domain dan klik pada Domain Manager .

Kemudian pilih nama domain yang akan Anda edit. Setelah Anda memilih nama domain yang ingin Anda edit, Anda akan ditampilkan pilihan pengeditan yang tersedia untuk domain tersebut. Kemudian klik pada tab Name Servers.

Pilih use custom nameserver dan masukkan nameserver yang disediakan oleh CloudFlare di kotak bawah.

Setelah itu masuk kembali ke Cloud Flare mengatur halaman, dan klik pada tombol ‘I’ve updated my nameservers, continue’ untuk menyelesaikan setup.

Itu saja, website Anda sekarang akan dilayani dan dioptimalkan oleh CloudFlare.

Catatan: screenshot di atas bisa saja ada perbedaan dengan hosting Anda.

author
Penulis: 
    1. author

      dzakiya3 tahun ago

      makasih kk udah membantu saya dengan postingan ini. saya ucapkan banyak terimakasih kk 😀

      Balas
      • author
        Penulis

        Sran3 tahun ago

        yup..makasih juga atas kunjungannya.

        Balas
    2. author

      harga beauty water3 tahun ago

      lagi nyimak gan, di ctrl+D dulu ini blog. Nanti kalau sudah berat coba pakai ini. Makasih banyak Admin ShowBagus.com
      Sukses Selalu dan Salam Kenal Ia http://www.BeautyWater.id

      Balas
    3. author

      cdn gratis2 tahun ago

      ada juga layanan cdn gratis dari cloudinary 2GB , pengolahan image effect dan croppingnya oke, bisa juga remote upload image dan file

      http://cloudinary.com/invites/lpov9zyyucivvxsnalc5/qmijgczcuklpovg4f4bp

      Balas
    4. author

      pamungkaz.net2 tahun ago

      wah jadi pengen nyoba pake cdn cloudflare. makasih infonya kakak..

      Balas
    5. author

      vmen plus2 tahun ago

      sangat bagus artikelnya.bermanfaat

      Balas
    6. author

      pratama1 tahun ago

      Mantap.terima kasih atas informasinya
      kunjung balik ya http://vmenplus.id

      Balas
    7. author

      Mural1 tahun ago

      cari kesana kemari akhirnya ketemu juga disini cara seting cloudflare + cdn. kalo pake maxcdn berbayarnya mahal bingit ia? Caranya gmn itu Min..? Thx.

      Balas

    Tinggalkan pesan "Cara Setting CloudFlare CDN Gratis di WordPress"