Intel Core i3, Lebih Murah dari Intel Core Generasi Keempat

Tidak ada komentar 991 views

SHOWBAGUS.com – Intel telah merilis berbagai jenis prosesor, dan diantaranya kita telah mengenal prosesor Intel generasi keempat yang lebih dikenal dengan nama Haswell, dalam varian quad core. Namun ada juga prosesor Haswell yang memiliki dua inti saja, dan salah satu variannya adalah Intel Core i3-4000M. Laptop yang menggunakan varian dual core dari prosesor Haswell ini dirilis dengan harga yang lebih murah, namun memiliki kinerja yang tidak kalah dengan varian quad core-nya. Review kali ini akan membahas tentang prosesor Core i3 dengan inti ganda, Intel Core i3-4000M.

Salah satu notebook yang mengusung inti Haswell varian dual core ini adalah notebook keluaran Xenom.Produk yang satu ini memang belum banyak dikenal, namun telah memasuki pasar Indonesia dengan beberapa varian yang dikhususkan untuk kalangan mobile gamer.Prosesor Intel Core i3 yang digunakan pada notebook ini telah menggunakan fabrikasi 22 nm.Fabrikasi ini, diyakini Intel, memiliki peningkatan kinerja sebesar 20% dari prosesor pendahulunya.Kinerja GPU juga disebut-sebut lebih tinggi.

Pengujian notebook Xenom W650 SR yang menggunakan prosesor Intel Core i3-4000M menunjukkan bahwa prosesor ini telah dilengkapi dengan fitur Hyper Threading berkecepatan 2.4 GHz. Tidak seperti Core i5 ke atas yang telah memiliki fitur Turbo Boost, prosesor Intel Core i3 yang satu ini tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Prosesor ini tidak dapat meningkatkan performanya jika menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja ekstra.

Kemampuan yang dimiliki oleh prosesor Intel Core i3-4000M ini cukup mumpuni untuk menangani software-software yang membutuhkan performa tinggi. Dengan clock rate 2400 MHz, prosesor yang satu ini telah menggunakan level 3 cache sebesar 3072 KB. TDP yang diperlukan untuk menjalankan prosesor ini adalah 37 watt, dan pada notebook Xenom W650 SR, prosesor ini juga dilengkapi dengan kemampuan pengolah grafik dari Intel, Intel HD Graphics 4600.

Sebuah pengujian yang dilakukan dengan Cinebench ii.5 menunjukkan poin yang cukup mumpuni, dimana kemampuan Intel Core i3-4000M berada pada angka 2.61 poin, hanya terpaut sedikit dengan Intel Core i7 36667U (2.92 poin) dan Intel Core i5 3337U (2.47 poin). Cukup mengejutkan bahwa sebuah prosesor i3 memiliki memampuan yang hanya terpaut sedikit di bawah prosesor i7 dan di atas prosesor i5.

Varian prosesor Haswell dengan inti ganda Intel Core i3-4000M mampu menyuguhkan kemampuan yang cukup membanggakan dari sisi kinerja prosesor. Notebook yang menggunakan prosesor ini diyakini akan mampu menjalankan berbagai software game 3D dengan cukup baik, meskipun untuk beberapa game baru, beberapa setting grafik harus diset minimal. Resolusi yang digunakan sebaiknya menegah ke bawah, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan pun agak rendah.Namun penggunaan resolusi minimal ini menjanjikan performa yang lancar tanpa lag pada game-game yang menggunakan grafik 3D

Jika Anda menginginkan sebuah laptop gaming dengan harga terjangkau namun telah memiliki performa tinggi, notebook yang menggunakan prosesor Intel Core i3-4000M merupakan sebuah pilihan yang sangat baik. Tidak kalah dengan core i5 dan i7, prosesor Haswell dengan inti ganda ini pasti akan mampu menjalankan berbagai game 3D dengan lancar. GPU yang tersedia pada prosesor Intel Core i3-4000M ini memang bukan yang terbaik untuk prosesor sekelas Haswell, namun intel HD Graphics 4600 yang terdapat pada prosesor ini akan bekerja jauh lebih baik dari pendahulunya, Intel HD Graphics 4000.

***

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Intel Core i3, Lebih Murah dari Intel Core Generasi Keempat"