Meizu MX3, Smartphone China Bertenaga Sama dengan Galaxy S4

Tidak ada komentar 513 views

SHOWBAGUS.com – Pasar ponsel cerdas sepertinya akan semakin ramai, dengan terus bertambahnya pesaing dari produsen berbagai negara. Salah satunya yang terbaru adalah “Meizu MX3″ dari produsen smartphone asal China, Meizu. Hebatnya, perangkat komunikasi yang satu ini kabarnya bisa menyaingi pasar pengguna smartphone “Samsung” terbaru, karena juga menggunakan teknologi sumber tenaga yang diproduksi oleh pabrikan Korea Selatan itu.

Desain

Sebelum membahas sektor dapur pacunya, terlebih dahulu kita lihat penampakan dari smartphone ini. Meizu MX3 mengusung desain yang aneh dengan layar melengkung. Meski begitu, desain layarnya tersebut memberikan kesan futuristik dan menawan. Layar berukuran 5,1 inci itu juga hadir dengan resolusi yang tidak biasa, yaitu 1800 x 1080 piksel Full HD, dengan kerapatan layar mencapai 415 piksel per inci dan aspek rasio layar 15:9.

Hasilnya, layar berjenis touchscreen dan menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) itu mampu menghasilkan gambar yang cemerlang. Apalagi, di sekeliling layar Meizu MX3 ini terpasang lampu LED yang akan menyala saat ada notifikasi masuk seperti panggilan, SMS atau pemberitahuan lain.

Prosesor

Nah, bagian inilah yang menjadi keunggulan utama dari Meizu MX3, yaitu dapur pacu yang ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 5 Octa 5410, yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A15 dengan kecepatan 1.6 Ghz dan quad-core ARM Cortex-A7 yang berkecepatan 1.2 Ghz. Perangkat inilah yang membuat smartphone ini bisa menyaingi Samsung Galaxy S4, karena memiliki tenaga dan kecepatan yang sama pada saat digunakan.

Kemudian, terdapat pula GPU SGX544 MP3 dan ROM custom jenis UI Flyme 3.0 pada produk flagship dari Meizu ini. Sedangkan untuk memberikan hasil tampilan yang memuaskan, Meizu MX3 menggunakan pengolah grafis dari PowerVR SGX, yang akan menampilkan kualitas grafik terbaik dengan didukung layar Full HD.

Kamera

Sedangkan bagian kamera pada smartphone ini dibekali dengan dua perangkat. Kamera utamanya di bagian belakang, memiliki resolusi 8 megapiksel yang dilengkapi sensor dari Sony dengan aperture f/2.0, serta fitur zero-delay image stabilization dan teknologi ISP Fujitsu yang memungkinkan kamera tersebut menangkap video dengan kecepatan 20fps. Sedangkan, kamera yang satu lagi berada di depan, dengan resolusi 2 megapiksel.

Fitur

Soal sistem operasi, Meizu MX3 mengandalkan Android ™ 4.2 Jelly Bean dengan sentuhan antarmuka Flyme 3.0, yang didukung oleh memori RAM berkapasitas 2GB. Selain itu, smartphone ini juga memiliki memori internal dengan kapasitas besar, yang terdiri atas tiga pilihan, yaitu 16GB, 32GB, dan 64GB, serta pilihan 128GB yang menjadikannya smartphone pertama di dunia dengan memori internal sebesar itu.

Untuk konektifitas, tersedia WiFi, Bluetooth 4.0, GPS, dan NFC. Fitur lainnya pada Meizu MX3 ini adalah Dirac HD Codec yang akan memanjakan telinga penggunanya, serta chip audio Wolfson dengan kemampuan tingkat distorsi sebesar 0.002 persen yang ikut ditanamkan pada perangkat ini.

Baterai

Baterai yang dipakai Meizu MX3 juga bisa diandalkan. Smartphone ini menggunakan baterai 2400mAh, yang diklaim mampu bertahan hingga 7 jam untuk memainkan video HD 1080p. Bahkan, juga masih bisa hidup selama 10 jam jika hanya digunakan untuk browsing pada jaringan Wi-Fi, atau 9 jam pada jaringan 3G.

Harga

Mengenai harga, Meizu MX3 akan dijual dengan harga yang berbeda-beda, tergantung kapasitas memori internalnya. Untuk yang memiliki memori internal berkapasitas 128GB, akan dijual dengan harga 650 dolar AS, setara dengan Rp 6,5 juta. Sedangkan yang lainnya, hanya 505 dolar AS (Rp 5 juta) untuk yang bermemori 64GB, 440 dolar AS (Rp 4,4 juta) dengan memori 32GB, dan 410 dolar AS (Rp 4,1 juta) dengan memori 16GB.

Namun, hingga saat ini belum diketahui apakah smartphone ini hanya akan dijual untuk pasar China saja, atau tersedia juga untuk pasar global. Mudah-mudahan saja Meizu MX3 ini juga masuk ke Indonesia!

***

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Meizu MX3, Smartphone China Bertenaga Sama dengan Galaxy S4"