Saham Nokia jatuh

Tidak ada komentar 400 views

SHOWBAGUS.com – Dalam laporan pendapatannya, perusahaan Finlandia tersebut mengatakan penjualan handset Lumia naik 27% pada kuartal pertama tahun 2013, tapi total penjualan ponsel turun 30% menjadi 1.59 miliar  euro.

Pendapatan turun 20% menjadi 5.85 miliar euro, turun dari 7.35 miliar euro tahun sebelumnya.

Nokia mencoba untuk mengejar ketinggalan dengan membuat smartphone saingan Apple dan Samsung.

Perusahaan melaporkan 339 juta euro ( 290 juta pounds) kerugian pada periode Januari-Maret, turun dari hilangnya 1.57 miliar euro tahun lalu.

Pada kuartal pertama tahun ini, Nokia mengirim 55,8 juta handset. Ini total penjualan  11,1 juta smartphone termasuk 5,6 juta ponsel Lumia, 500.000 unit Symbian dan lima juta unit ponsel entry-level Asha, yang turun 46%.

“Kekurangan dalam ponsel murah adalah , di mana kedua volume dan harga jual rata-rata datang lebih rendah dari yang diharapkan. Itu tentu saja agak mengkhawatirkan, karena hanya melayani bisnis di Perangkat dan unit Layanan,” kata Hakan Wranne, analis di Swedbank.

“Saya pikir kita akan melihat perkiraan keuntungan pasar untuk 2014 akan turun,” tambahnya.

Satu-satunya titik terang dalam laporan itu adalah jajaran smartphone Nokia (Lumia) , perusahaan berharap mendapatkan lebih banyak permintaan di kuartal mendatang.

Lumia menggunakan software Microsoft Windows, setelah Nokia meninggalkan sistem operasi sendiri dua tahun lalu.

“Enam juta Lumias cukup menjanjikan,” kata Francisco Jeronimo, manajer riset di IDC, sebuah perusahaan riset teknologi.

“Mereka berada di jalur yang benar dan kami bisa melihat jauh lebih baik dari tahun ke tahun untuk smartphone Nokia. Mereka jauh dari volume Samsung dan Apple, tapi itu tidak, di mana Nokia sedang mencoba untuk bersaing sekarang. Nokia sedang mencoba untuk masuk ke pasar massal .

“Mereka mencoba untuk bersaing di segmen mana konsumen bergerak dari feature phone ke smartphone, tetapi mereka ingin smartphone murah.”

Di perusahaan lain, usaha peralatan telekomunikasi, Nokia Siemens Networks, melaporkan penurunan penjualan.

“Kami memiliki area di mana kami membuat kemajuan dan daerah di mana kita lebih meningkatkan fokus,” kata kepala eksekutif Nokia Stephen Elop, yang direkrut pada 2010 untuk menghidupkan kembali perusahaan.

“Misalnya, orang yang menanggapi positif terhadap portofolio Lumia dan volume kami meningkat selama kuartal.

“Di sisi lain, bisnis ponsel kita menghadapi lingkungan yang kompetitif yang sulit, dan kita mengambil tindakan taktis dan membawa inovasi baru ke pasar untuk mengatasi tantangan kami,” tambahnya.

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Saham Nokia jatuh"