Sambut Ultrabook Baru; Asus Vivobook S301 Untuk Segmen Kelas Menengah

SHOWBAGUS.com – Asus sepertinya kembali akan membidik sektor pasar kelas menengah dan ke bawah. Kehadiran produk terbarunya yang mengusung seri Asus Vivobook S301 dikabarkan akan memenuhi pangsa pasar terkait. Kabar lebih lanjut mengatakan bahwa Vivobook terbaru ini akan menggantikan produk terdahulu, Vivobook X102BA, di pasaran.

Desain

Nampak dari luar, desain Asus Vivobook S301 serupa dengan rentetan produk dengan seri Zenbook keluaran Asus. Zenbook sendiri adalah jajaran produk ultrabook yang dirilis Asus untuk memenuhi kelas atas. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa perusahaan asal Taiwan ini memang sedang melakukan downgrade di segi spesifikasi pada Vivobook ini untuk mengurangi harga.

Spesifikasi

Asus Vivobook S301 memiliki spesifikasi yang disunat dari Zenbook. Dengan demikian, Asus dapat menyediakan ultrabook yang murah dan terjangkau di segmen pasar menengah.

Untuk layarnya sendiri, Asus Vivobook S301 masih menggunakan layar berukuran 13,3 inch. Layar yang ditanamkan pada ultrabook ini sendiri memiliki kualitas resolusi 1366 x 768 pixel.

Untuk mendukung tampilan grafisnya, Asus menyediakan pilihan prosesor grafis antara AMD Radeon maupun Intel HD Graphics. Keduanya sudah sangat mencukupi untuk menampilkan kualitas grafis yang memanjakan mata di layar 13,3 inch tersebut.

Untuk kapasitas memorinya sendiri, Asus Vivobook S301 menyediakan hard disk bawaan pabrik dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas memori RAM yang ditawarkan pun cukup tinggi dengan angka 8GB. Hanya saja, diketahui bahwa perangkat RAM yang digunakan tidak dapat diupgrade pengguna mengingat hardware tersebut dipantek ke motherboard dengan solder.

Untuk mendukung kinerja dari ultrabook Asus Vivobook S301 sendiri, produsen memberikan tiga pilihan prosesor yang akan mengangkat beban performa dari ultrabook ini. Adapun prosesor yang dapat dipilih adalah Intel Core i3, Core i5, maupun Core i7.

Sektor konektivitas dari Asus Vivobook S301 juga terbilang sangat memadai. Dengan kehadiran jaringan nirkabel Wifi dan Bluetooth, kebutuhan akan internet maupun koneksi antar perangkat dapat dicukupi. Terdapat juga port Ethernet untuk internet pada bagian sampingnya.

Untuk sambungan antar perangkat dengan kabel, Asus Vivobook S301 juga menyediakan port USB hingga tiga buah. Sedangkan untuk konektivitas multimedia, terdapat juga sambungan HDMI pada ultrabook satu ini.

Untuk kapasitas baterai sendiri, ultrabook ini memiliki baterai berkapasitas 38 Whr yang mampu bertahan sayangnya hanya dalam 4,5 jam saja. Tentu saja hal ini membuat pengguna harus selalu membawa kabel charger sewaktu-waktu diperlukan.

Harga

Mengingat bahwa ultrabook Asus Vivobook S301 kali ini dibuat untuk memenuhi permintaan konsumen di segmen pasar kelas menengah, tentu saja harga yang dibandrol pun tidak setinggi jajaran produk seri premium.

Ketika harga produk premium Asus menyentuh plafon Rp10 juta, ultrabook satu ini hanya diberikan label harga US$ 700 saja. Harga tersebut tentu saja masih masuk akal, walaupun dengan keberadaan spesifikasi yang didowngrade dari seri sebelah.


Jika Anda termasuk salah satu pembeli yang mempertimbangkan budget di atas segalanya, sepertinya Asus Vivobook S301 ini dapat masuk ke konsiderasi. Dengan spesfikasi yang cukup mumpuni, ditambah desainnya yang menggunakan desain seri premium, sepertinya Asus berhasil menghadirkan satu produk kelas menengah yang masih bersahabat dengan kantong pengguna.

Sayangnya, belum ada kabar resmi mengenai ketersediaan produk ini di pasaran ultrabook Indonesia. Kita tunggu saja apakah Asus Indonesia akan segera memasukkan produk ini ke pangsa pasar tanah air dalam waktu dekat.

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Sambut Ultrabook Baru; Asus Vivobook S301 Untuk Segmen Kelas Menengah"